Yahoo Group Tutup, Bagaimana Nasib Email Anda di Yahoo ??

Hallo Sobat MasBe Mengini, sudah denger khabar tebaru terkait Tutupnya Yahoo Group ?. Yahoo Grup merupakan Forum online legendaris yang pernah sangat populer di jagad Internet beberapa waktu lalu dan bakal ditutup secara permanen.

Ya, Yahoo Group akan ditutup secara permanen mulai 15 Desember 2020. Dan setelah tanggal tersebut, laman groups.yahoo.com tidak akan lagi bisa diakses selamanya.

Operator seluler Verizon yang membeli Yahoo pada 2017 lalu mengumumkan kabar ini melalui e-mail ke semua pengguna Yahoo Group. Pengumuman yang sama juga terpampang di situs Yahoo Groups.

"We’re shutting down the Yahoo Groups website on December 15, 2020 and members will no longer be able to send or receive emails from Yahoo Groups. You can find more information about the Yahoo Groups shutdown and alternative service options on this help page."


Yahoo Groups yang diluncurkan sejak 2001, lalu, pamornya disebut - sebut kian menurun seiring hadirnya forum online baru, seperti Reddit, Google Groups, dan Facebook Groups.

Sementara di sisi lain, Verizon juga tidak punya niat untuk menghidupkan Yahoo Groups setelah mengakuisisi Yahoo. Sebab, jumlah pengguna platform forum ini secara konsisten terus menurun.

Sejak pengumuman penutupan ditampilkan, Verizon mengatakan, pengguna Yahoo Groups tidak bisa membuat grup baru lagi.

Hanya layanan e-mail saja yang masih berfungsi. Dan setelah 15 Desember 2020, semua layanan di Yahoo Groups tidak akan bisa diakses.

BAGAIMANA DENGAN EMAIL YAHOO ?

Nah, apakah dengan ditutupnya Yahoo Group, e-mail Yahoo yang umum digunakan juga terdampak? 

Dirangkum dari laman bantuan Yahoo, penutupan ini tidak berdampak pada akun Yahoo Mail.

"Tidak (terdampak), yang dinon-aktifkan hanya layanan Yahoo Groups (groups. yahoo.com) dan e-mail yang dikirim menggunakan Yahoo Groups. Yahoo Mail akan tetap berfungsi normal,". tulis laman Yahoo.

Jadi, jika Sobat MasBe Mengini punya akun Email di Yahoo, sama seperti saya juga masih punya akun email aktif di yahoo, Sementara ini masih bisa berlega hati karena Layanan Email Yahoo masih tetap eksis dan tidak terdampak Tutupnya Yahoo Group.

Meski Khabarnya, Yahoo dan LINE jepang bakal bekerjasama untuk membuat sebuah platform baru lagi.