Tagihan Listrik Naik, Begini Solusinya !


Sebagian masyarakat mengeluhkan membengkaknya biaya listrik bulanan mereka, terutama pelanggan dengan daya 900 VA nonsubsidi ke atas.

Keluhan-keluhan warga mudah ditemukan di kolom komentar akun media sosial seperti facebook bahkan komentar-komentar dilaman akun Perusahaan Listrik Negara (PLN), baik di Twitter maupun Instagram.

Bahkan Sebagian warganet menyebut kenaikan tagihan listrik hingga 100 persen.

Menyikapi hal itu, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp terpusat bagi pelanggan yang ingin melaporkan angka stan dan foto kWh meter.

Cara Lapor Kenaikan Tarif Listrik

Pelanggan dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan cara sbb:
  1. Siapkan nomor kWh meter dan foto stan meter
  2. Buka Aplikasi WhatsApp dan kirim pesan melalui nomor 08122 123 123
  3. Ketik 2 untuk lapor pemakaian pascabayar
  4. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ada dalam WhatsApp.
Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp.

Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir.

Apabila ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan.

Pengaduan juga bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123.

sumber