Misteri Suara Dentuman Sabtu Dini Hari, Simak Videonya


Dentuman Keras yang terdengar pada Sabtu Dini Hari 11/4/2020, menghebohkan warga Jakarta dan sekitarnya. Linimasa Twitter pun dibanjiri Video Netizen yang mengungkap kesaksian mereka ketika mendengan Suara Misterius itu.

Netizen mempertanyakan sumber suara yang menyebabkan suara dentuman memecah pagi buta tersebut.

Suara dentuman terdengar di sejumlah wilayah, di antaranya Jakarta Selatan, Depok, hingga Kabupaten Bogor. Dentuman terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB.

Bahkan, satu Video menunjukan jika Suara dentuman itu juga mengakibatkan daun pintu yang terkunci bergetar.

Berikut Kumpulan Suara Dentuman Misterius yang di unggah Netizen


BMKG sebut Tidak Terkait Erupsi Gunung Anak Krakatau

Meski tak berselang lama dengan aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau, namun BMKG pun menyatakan, suara Dentuman yang didengar watga itu tidak terkait dengan Erupsi tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) seperti dikutip dari detikcom, menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan Gunung Anak Krakatau ini dinilai Hendra relative kecil.

"Saya sudah cek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut)," jelas Hendra.

Cahaya di Langit Selatan Pada Jumat Petang

Satu hal yang juga saya alami adalah, peristiwa pada Jumat Petang 10/4/2020
Yakni adanya Cahaya dilangit Selatan yang meluncur ke arah barat hingga berbelok ke utara sebelum kemudian menghilang.

Simak Video berikut ini yang saya rekam pada Jumat Petang 10/4/2020 dan sempat saya bagikan juga ke linimasa Facebook, di Sini

Apakah itu ada hubungannya atau tidak, saya tidak bisa menyimpulkannya.

Lalu, suara apakah yang mengakibatkan terjadinya Suara Dentuman Misterius pada Dini Hari tersebut?

Sampai saat saya menulis ini, hal itu masih menjadi perbincangan terutama di sosial media.