Matahari Kembar Dua di Langit Rawajaya




Penampakan Matahari Kembar di langit siang ini membuat saya tertegun. Benarkah Dunia semakin aneh ?. Terbukti dari munculnya beragam fenomena alam yang unik, meski beberapa fenomena alam dapat dijelaskan secara ilmiah, namun tak jarang pula yang sulit oleh akal manusia. Salah satunya adalah Matahari Kembar.

Seperti yang terlihat dari Cilacap, tepatnya dari pemukiman saya di Rawajaya Bantarsari. Saya, adik dan Bapak saya secara kebetulan mendapati Peristiwa langka Matahari  Kembar ada dua di langit sebelah Barat.

Sayang Penampakan Matahari Kembar Di Langit Cilacap ini tidak terlalu lama terlihat karena Matahari kedua yang lebih kecil kemudian tertutup awan, bahkan sebelum sempat kami rekam. Hanya sempat kami abadikan melalui Foto Ponsel dan kurang sempurna karena Terik yang menyilaukan sehingga menyulitkan saat mengambil Gambar.

Penampakan Matahari Kembar di Rawajaya yang berhasil terekam Kamera
Peristiwa langka Matahari Kembar Di Langit Cilacap yang bisa disaksikan dengan mata telanjang ini terjadi Selasa 23/08/16 sekira pukul 15:52 wib, sayangnya kami hanya berhasil mengabadikannya dengan kamera Ponsel meski tidak secara utuh karena Jarak bentang kedua matahari cukup jauh dan sangat silau sehingga menyulitkan saat fokus mengambil gambar.

Nampak dalam Foto Matahari utama berada di sebelah Utara ( kanan ) dan Matahari kedua nampak di bagian Selatan di atas Samudera Hindia ( Kiri ). Fenomena ini nampak jelas dari Rawajaya Cilacap Jawa Tengah..

Pertanda apakah ini?

Sama halnya dengan Fenomena-fenomena Aneh di langit lainnya, fenomena matahari kembar tidak hanya terjadi di satu negara saja. Beberapa video dengan tema yang sama menyebutkan kalau fenomena tersebut pernah terjadi di berbagai negara. Ada yang di Cina, Kanada, Florida, dan Rusia.

Ada yang menghubungkan peristiwa ini dengan cerita akan segera terjadinya kiamat, Bencana besar dan hal mengerikan lainnya. Ada pula yang menjelaskan bahwa Peristiwa langka seperti ini adalah Fenomena Alam biasa. Peristiwa Matahari Kembar sering di sebut Sun Dog atau yang kadang juga disebut dengan Parhelion.

Apa itu Sun Dog ( Sundog ) atau Parhelion ?

Sun Dog ( Sundog ) atau Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan.

Seperti di paparkan oleh Enigma , tidak ada cara gampang untuk menjelaskan proses terjadinya sebuah ilusi optik di atmosfer. Karena itu penjelasannya tidak akan berpanjang lebar dan menyiksa pembaca dengan teori yang panjang.

Begini singkatnya, Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal dilangit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Proses ini bisa disamakan dengan proses terciptanya pelangi yang terbentuk karena cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa.

Fenomena ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Namun, ia akan lebih mudah terlihat ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di Horizon (saat terbit atau terbenam).

Pertanyaannya, Bagaimanakah kumpulan lempeng es kristal hexagonal terjadi saat terik matahari?

Dalam Tulisannya lebih lanjut, Enigma menyatakan Fenomena ini hanya terjadi pada kondisi atmosferik yang sangat langka. Jadi, jika kalian bisa melihatnya, anggaplah diri kalian sebagai orang yang sangat beruntung.

Semoga kami termasuk Orang Beruntung yang bisa menyaksikan Matahari Kembar Indonesia ini..