Related Post ala Googe Adsense menggunakan fitur Matched Content

Sobat Blogger sudah tahu Unit iklan baru dari Google Adsense? yap, fitur matched content alias konten yang sesuai. Tampilan Unit ini mirip tampilan Related Post yang banyak dipakai Blogger untuk promosi Artikel Terkait sehingga Pembaca akan betah berlama-lama menikmati Blog kita dengan artikel-artikel lainnya.

Fitur ini dimungkinkan akan meningkatkan Earning bagi Publisher karena Pembaca diajak untuk membaca Artikel yang lain di blog kita yang di tampilkan berikut gambar dan cuplikan Artikelnya, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan pageviews dan earning adsense.

Berbeda dengan Related Post pada umumnya, yang tampil di thumbnail biasanya adalah artikel yang sesuai dengan artikel lainnya berdasarkan kemiripan secara kontekstual atau berdasarkan kata-kata yang ada di masing-masing artikel. Pada unit matched konten ini berbeda, matched content tidak hanya menargetkan artikel terkait berdasarkan kontekstual saja tetapi juga menargetkan artikel terkait berdasarkan “minat” pengguna. 

Misalnya: Jika pembaca blog anda suka membaca artikel tentang Kesehatan di website lain, maka artikel terkait yang ditampilkan oleh unit matched content adalah artikel tentang Kesehatan juga (jika di blog anda tersedia artikel tentang Kesehatan) meskipun artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung tersebut berisi artikel tentang Pendidikan.

Contoh Tampilan Related Post ( Matched Content ) ala Google Adsense


Dari sinilah kemungkinan pembaca mengklik artikel terkait dari matched content tersebut menjadi lebih besar jika dibandingkan artikel terkait buatan plugin atau script lainnya. Namun jika pengunjung memang selalu suka membaca artikel tentang Pendidikan, maka artikel yang tampil di unit matched content adalah artikel tentang Pendidikan juga, dengan hanya ada satu artikel lain kesukaan pembaca yang tidak berhubungan dengan Pendidikan muncul di iklan matched content.

Jika memang Anda ingin mencoba Unit Matched Content, silahkan Anda membuatnya, hanya saja fasilitas ini masih belum bisa di gunakan semua Publisher dan masih terbatas disediakan bagi para publisher yang memenuhi persyaratan tertentu, misalnya publisher yang memiliki banyak konten unik serta menerima lalulintas organik yang tinggi sesuai kriteria adsense. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang matched content silakan Anda baca disini: Tentang fitur Konten yang sesuai.

Cara buat unit iklan adsense seperti related post

Tidak ada cara khusus untuk membuat Unit Matched Content karena caranya seperti Anda membuat Unit Iklan seperti biasanya, hanya saja Anda perlu memeriksa kelayakan situs Anda dengan Login ke akun Google Adsense Anda

Cara memeriksa kelayakan situs untuk konten yang sesuai

Ada beberapa syarat minimum dari konten kita untuk bisa memasang unit Matched Content, misalnya tinggi traffik konten, volume lalu lintas blog/web, tampilan unik konten dsb, dan anda bisa memeriksanya pada akun adsense sebagai berikut:

Login ke akun adsense anda
Pilih lambang roda
Pilih setelan
Pengelolaan situs
Pada tab "Milik" atau tab "Belum diklaim" silahkan anda periksa status situs anda pada kolom "konten yang sesuai" atau "Matched Content"

Sekaligus mengingatkan, jika ada memiliki web/blog lebih dari satu dan ada yang belum diklaim maka silahkan anda klaim terlebih dahulu pada tab "Belum di klaim" agar penghasilan anda masuk pada akun adsense anda, jika blog anda menayangkan iklan adsense tanpa anda klaim maka penghasilan dari blog tersebut tidak masuk pada akun adsense anda.

Silahkan anda perhatikan pada gambar berikut: jika sudah layak maka akan ada sebuah pemberitahuan yang ada pada tanda kotak merah dibawah ini:


Jika Ada Situs Anda yang Approved, silahkan Anda buka tab "Iklan Saya" dan buat "Unit Iklan Baru" pilih Type Matched Content 


Itulah sekilas tentang Unit Matched Content Google Adsense dengan tampilan mirip Related Post atau Artikel terkait. 
Selamat Mencoba, semoga bermanfaat !