Page Level Ads, Fitur Google Adsense untuk Smartphone

Meningkatnya jumlah pengguna perangkat mobile, membuat Google Adsense juga terus melakukan update agar optimal untuk platform mobile / smartphone. Kali ini Google meluncurkan adsense responsif yang otomatis menyesuaikan diri dengan resolusi layar perangkat, dan Inovasi tersebut terus masih berlanjut. Sejak 2013 lalu, Google merilis Platform Beta "Page Level Ads", tetapi fitur ini masih terus dikembangkan hingga saat ini. apa itu Page Level Ads?, silahkan Anda simak ulasannya.

Apa itu Page Level Ads?

Page Level Ads adalah fitur baru dari Google Adsense, Page Level Ads adalah iklan yang dioptimasi khusus untuk perangkat beresolusi minimal, tablet atau ponsel pintar, fitur ini berfungsi dan hanya tampak pada versi mobile dari website / blog Anda.

Berikut ini screenshot yang di ambil dari situs google.inc mengenai detail dan kelebihan dari Page Level Ads. Ini contoh gambaran website yang menerapkan Page Level Ads di smartphone:


Jika Anda mengaktifkan format Anchor / Overlay, maka Iklan akan muncul di bagian Footer dalam tampilan smartphone. Jika Anda mengaktifkan Format Vignettes maka Iklan muncul diseluruh Halaman ( full screen ) dengan Tombol Skip Ads pada detik tertentu.

Menarik sekali..!! dan tentunya bakal membuat Web atau Blog Anda meningkat earningnya. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini di website / blog Anda?

Cara Mengaktifkan Fitur Page Level Ads

Pertama, Anda harus cek notifikasi di akun adsense Anda yang berisi tentang fitur baru Google Adsense. pesan nya seperti ini:



Jika di akun anda terdapat pesan seperti itu, silahkan lanjut ke langkah-langkah berikut

Langkah 1: Silahkan menuju My Ads >> Content >> Page;Level-Ads (Beta)

Langkah 2: Aktifkan tipe adsense yang akan digunakan


Langkah 3: Selanjutnya Anda tinggal menempatkan kode nya di website / blog Anda, taruh
kode nya di dalam tag <head> atau diatas tag <body>, ini kode nya:

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<script>(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({google_ad_client: “id adsense Anda letakkan disini“,enable_page_level_ads: true});</script>

Langkah 4: Terakhir silahkan Anda lihat sendiri melalui smartphone Anda, tampilan adsense setelah mengaktifkan page level ads.

Fitur ini tidak langsung diterapkan di website Anda, Google harus memprosesnya terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu, tetapi masih ada cara ekstra  untuk melihat fitur ini di situs Anda melalui ponsel / tablet, dengan menambahkan #googleads di akhir url situs Anda.

contoh: http://www.namawebanda.com/bla-bla-bla-123456.html#googleads

Demikian ulasan mengenai Page Level Ads, Fitur Google Adsense untuk Smartphone
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil !!