Mengenal Google Kontributor dari Google Adsense

Google Adsense memperkenalkan Fitur baru Google Kontributor dimana ini akan menjadi Sumber Penghasilan baru bagi para pemilik Web melalui Adsense Google. Dengan menjadi Kontributor Google, Web Anda bisa mendapatkan dukungan dana dari pembaca setia sebagai penghasilan pengganti dari pendapatan Iklan di web Anda.

Fakta bahwa Internet saat ini sebagian besar didanai oleh iklan. Ini adalah model yang telah memungkinkan jutaan pengguna online dan pencipta situs untuk menikmati web terbuka. Tapi bagaimana jika ada cara untuk secara langsung mendukung pembuat situs, atau dukungan dari pembaca yang mendanai web Anda?. Google Memperkenalkan Kontributor-percobaan  ( beta ) dengan cara tambahan untuk mendanai web.

Google Kontributor Sebuah sumber pendapatan baru untuk situs Anda.

Kontributor merupakan sumber pendapatan baru untuk situs Anda, yang didanai langsung oleh pengunjung situs. Dengan Kontributor, pengguna memilih tingkat kontribusi bulanan (baik $ 2, $ 5, atau $ 10) dan sebagian dari dana tersebut digunakan untuk membayar Anda. Hasilnya adalah bahwa pengguna melihat iklan yang lebih sedikit dan Anda masih dibayar.

Cara Kerja Google Kontributor

Kontributor menggunakan infrastruktur Google Adsense yang ada untuk menunjukkan Ucapan Terima Kasih pada Pengunjung melalui pesan di slot iklan pada halaman Anda.

Artinya, jika Ada Pengunjung yang terdaftar sebagai Kontributor melalui Banner Anda dan berkontribusi membayar secara bulanan ( berlangganan ), maka setiap kali pengunjung tersebut membaca web Anda,dia tidak akan melihat Iklan Anda, atau melihat iklan lebih sedikit dari pengunjung lainnya. Namun Anda tetap di bayar oleh Google dari dana berlangganan tersebut sesuai prosentasenya. Google Adsense menghitung penghasilan Anda menggunakan algoritma berdasarkan anggaran bulanan pengunjung.


Berbagi Kontributor dengan pengunjung Anda

Google Kontributor membuka cara baru bagi pengguna ( pembaca) untuk mendukung penerbit seperti Anda, membantu Anda berkembang dan fokus pada apa yang Anda lakukan yakni menciptakan konten terbaik.

Memberitahu pengguna ( pembaca) bahwa situs Anda mendukung Kontributor! Berikut adalah tiga cara Anda dapat membantu mempromosikan Kontributor untuk pengunjung Anda:


1. Tampilkan Kontributor Badge ( Lencana / Banner )di situs Anda

Menambahkan lencana ke template situs Anda. Banner memberitahu pengunjung ke situs Anda bahwa mereka dapat membantu mendanai konten Anda melalui sarana alternatif. Ada tiga tema warna pilihan yang tersedia: "Terang," "gelap," dan "putih".



Cara menampilkan Banner, Tambahkan script berikut ke halaman Anda:

<script src = "https://www.gstatic.com/xads/publisher_badge/contributor_badge.js" Data-width = "88" Data-height = "31" Data-tema = "Terang" Data-pub-nama = "Nama Situs Anda" Data-pub-id = "ca-pub-"> </ script>

2. Menambahkan Iklan Utama, Pilih ukuran iklan tertentu.

Tautkan iklan Anda ke situs Kontributor,(https://storage.googleapis.com/houseads/index.html)
menggunakan URL berikut: https://www.google.com/contributor/welcome/?utm_source=publisher&utm_medium=banner&utm_campaign=ca-pub-ID Adsense anda

3. Blog atau Pengumuman

Cara lain untuk memperkenalkan pengunjung situs Anda untuk Kontributor adalah melalui posting blog atau pengumuman. Cara ini bisa menjadi pendekatan bagi Pembaca setia situs Anda untuk mengetahui beberapa hal mengenai fitur Google Kontributor dengan beberapa fakta yang mungkin akan berguna bagi audiens Anda :

  • Kontributor bekerja pada banyak situs; ketika pengguna mendaftar, mereka akan mendapatkan pengalaman Kontributor di situs Anda dan semua situs lain yang kompatibel.
  • Kontributor hanya bekerja pada iklan Google, dan tunduk pada mekanisme lelang yang sama seperti pengiklan lain. Jadi Google tidak menjamin pengujung bebas iklan 100%, bahkan pada situs yang hanya menjalankan iklan Google.

Untuk mendaftar sebagai pengguna Kontributor, saat ini memang baru terbatas pada pengguna yang memiliki alamat Amerika Serikat,  tetapi Google berjanji akan segera memperluas kelayakan untuk penggunaan dengan alamat pengguna di negara-negara lain, bukan tidak mungkin Fitur Google Kontributor ini juga segera diterapkan untuk Pengguna di Indonesia.