Sejarah Google Adsense

Bagi Seorang Blogger, siapa tak kenal Google Adsense, PPC terbesar sejagat yang banyak menyumbang dolar bagi para Blogger yang menjadi Publishernya. Buat yang mau tahu lebih detil tentang Google Adsense, saya sudah mengulasnya di Google Adsense PPC yang diburu Blogger.

Kali ini saya ingin menulis seputar Sejarah singkat Google Adsense, barangkali ada diantara anda yang belum tahu bisa menambah refferensi seputar Google Adsense.

Sejarah Berdirinya Google Adsense
Menurut berita resmi Google yang diposting di googlepress pada tanggal 4 maret 2003, program Adsense dimulai setelah google mengakuisisi Pyra Labs (pendiri Blogger) pada bulan februari 2003. Sebulan kemudian, pada tanggal 4 maret 2003, Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut Adsense.

Untuk mendukung program Adsense, bulan berikutnya pada 23 April 2003, google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.

Google sendiri didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Belum terlalu tua karena belum genap 20 tahun, tapi kenapa sering di sebut Mbah Google ya?

Adsense memungkinkan para pemilik situs web untuk mendapatkan uang dari iklan google bertarget di situs mereka yang pada saat peluncuran perdananya hanya didukung oleh 100.000 pengiklan Adwords di seluruh dunia. Program Adwords sendiri telah didirikan oleh google 3 tahun sebelumnya, yaitu pada tanggal 23 oktober 2000 atau Dua tahun setelah google didirikan.


Pada awalnya, unit “adsense for content” hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa di negara-negara maju seperti negara-negara Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu Thailand.

Sedangkan bahasa Indonesia dan bahasa Vietnam hanya didukung untuk unit “adsense for search”. Namun akhirnya pada tanggal 1 februari 2012 google secara resmi mendukung bahasa Indonesia untuk unit “adsense for content” yang diumumkan melalui blog resmi Adsense Inside. Kini unit adsense for content mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Akun Adsense
Akun adsense adalah sebuah akun yang digunakan untuk mengambil kode iklan dan mengelola iklan adsense. Para pemilik situs web yang ingin memiliki akun adsense harus bergabung di program adsense dengan mendaftar adsense dulu di google. Jika permohonan disetujui maka mereka akan mendapatkan satu akun adsense dan selanjutnya disebut sebagai publisher adsense atau penayang iklan google.

Pada awalnya akun adsense hanya ada satu macam saja, yaitu disebut “Akun Adsense”. Namun pada tanggal 7 november 2012 google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan adsense bagi publisher baru yang mendaftar adsense melalui mitra host, misalnya mendaftar melalui Youtube, Blogger dan HubPages. Dengan begitu, kini ada dua macam jenis akun adsense, yaitu akun Adsense Hosted dan akun Adsense non Hosted.

Untuk mengetahui  lebih detail silahkan Baca Perbedaan akun Hosted dan akun Non Hosted pada Google Adsense