Perbedaan Akun Hosted dan Non Hosted pada Google Adsense

Bagi Anda yang sudah memiliki akun Google Adsense barangkali sudah mengetahui tentang perbedaan akun Hosted dan Non Hosted pada Google Adsense. Tapi bagi yang baru saja hendak mendaftar di Google Adsense atau baru memiliki akun-nya, mungkin informasi berikut bisa membantu anda memahami perbedaannya.

Pada awalnya akun adsense hanya ada satu macam saja, yaitu disebut “Akun Adsense”.silahkan  Baca: Sejarah Google Adsense, Namun pada tanggal 7 november 2012 google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan adsense bagi publisher baru yang mendaftar adsense melalui mitra host, misalnya mendaftar melalui youtube, blogger dan hubpages.

Akhirnya kini ada dua macam akun adsense, yaitu akun adsense hosted dan akun adsense non hosted.

Mengenal Akun Hosted dan Non Hosted

1. Akun adsense Non Hosted
Adalah akun adsense yang tidak terkait dengan situs mitra host adsense atau tanpa pihak ketiga. Akun non hosted ini bisa langsung digunakan untuk menampilkan iklan adsense di situs apapun milik publisher. Untuk mendapatkan akun adsense non hosted ini caranya adalah dengan mendaftar adsense menggunakan situs yang dihosting sendiri atau hosting blogger namun menggunakan domain TLD atau custom domain.
Artinya publisher harus menghilangkan domain blogspot dan menggantinya menjadi dot com.

2. Akun Hosted
adalah akun adsense yang terkait dengan situs web mitra host adsense atau disebut pihak ketiga. Jadi akun hosted ini didapat oleh publisher yang mendaftar adsense melalui youtube, blogger dan hubpages. Akun adsense hosted hanya bisa digunakan untuk menampilkan iklan di mitra host atau pihak ketiga saja, yaitu youtube dan blogspot. Akun hosted akan ditandai di akun adsense sebagai mitra host.


Selain itu, jika publisher menggunakan hosting blogger, maka “Andil pendapatan host” akan diterapkan. Artinya pendapatan adsense akan dipotong dengan hitungan persentase berdasarkan andil pendapatan host yang disebutkan secara rinci di akun adsense pada tab “akses pihak ketiga”. Namun biasanya google hanya mengenakan biaya 0% alias gratis.

Upgrade akun non hosted
Upgrade akun non hosted adalah istilah yang digunakan dalam peningkatan akun dari hosted ke non hosted. Upgrade akun ini diperlukan jika publisher ingin menampilkan iklan adsense di situs yang menggunakan domain inangan (TLD) maupun self hosting. Publisher harus mengisi formulir “Permohonan satu kali” untuk meminta review situs kepada tim adsense. Silahkan Baca Cara Upgrade akun Google Adsense

Jika permohonan ditolak, maka publisher bisa meminta review ulang setelah situs diperbaiki, dan untuk sementara waktu situs tidak bisa menamplkan iklan. Tetapi jika situs telah bertrafik cukup dan mematuhi kebijakan program maka publisher hanya tinggal memberikan otorisasi pada domain TLD tersebut maka iklan akan tampil beberapa hari kemudian setelah menjalani review oleh tim google.

Buat Anda , silahkan pilih dari kedua opsi diatas manakah yang akan Anda tentukan. Tetapi akan lebih mudah jika Anda mendaftar melalui Mitra  Host Google dan membuat akun Hosted dan bisa langsung menayangkan klan di Blogspot atau Youtube. Jika dirasa perlu dan Anda memiliki situs sendiri dengan domain TLD, anda bisa melakukan Upgrade menjadi Non Hosted.

Itulah sekilas tentas Perbedaan Akun Hosted dan Non Hosted pada Google Adsense, semoga Bermanfaat.