Busway Atau Trans Jakarta ?

Beberapa waktu lalu sempat ada tayangan di Salah satu statiun tv Nasional yang masih baru yakni NET. . Diacara tersebut membahas mengenai penyalahgunaan kata Busway atau Trans Jakarta terkait kesalah pahaman Warga Indoneisa . Tapi ... Siapa yang sebenarnya salah ?

Jadi begini , banyak orang yang menyebut angkutan khusus di jakarta ( Bus merah ) dengan tulisan Trans Jakarta adalah Busway . Dari kejadian itu ternyata tidak sedikit juga orang yang risih terhadap penyebutan Busway yang jika dikembalikan ke bahasa alinya yaitu Jalan Bus akan terasa sangat mengganggu .

Serring sekali terjadi percapakan di lingkup pekerjaan dialog seperti ini .

A : Lu dateng naik Apa ?
B : Naek Busway , biar gak kena macet , murah nyaman pula :)
A : Trans Jakarta kaleee ...

Anda pernah ngomong begitu ? Dengan pede' nya bilang Trans Jakarta Kaleee ... ???

Sebenarnya bahasan ini adalah topik yang sudah lama sekali mengingat munculnya Busway juga sudah lama di Indoneisa khususnya Jakarta karena memang hanya ada di Jakarta . Tapi ternyata masalah penyebutan nama ini masih saja jadi gangguan bagi sebagian orang yang sudah mungkin terlalu risih dengan kesalahan yang terjadi di masyarakat Indonesia . Tapi benarkah Busway itu penyebutan yang salah dan salah satu bentuk kesalah pahaman orang jakarta terhadap penamaan dan penyebutan Bus Trans Jakarta ?

Ternyata tidak . Orang yang menyebut Bus Trans Jakarta Dengan nama Busway lah yang benar .

Loh kok bisa ? Bukannya kalau diartikan ke bahasa Inggris artinya jadi aneh dan tidak nyambung ?

Masa naik busway sama dengan naik jalan bus ?

Tidak . Di luaran sana , Bus way is the way of the BUS .
Di Indonesia , Busway is The Name of the BUS .