Pikiran Kritis

Apa itu Pikiran Kritis ?
Jika saat ini juga kita klik pencarian di Google Search maka akan ada beberapa penjelasan mengenai Pikiran Kritis dan juga Teori Kritis yang keduanya dalam satu koridor .

Pikiran Kritis adalah ...


Pikiran Kritis diidentifikasi sebagai pikiran Negatif oleh beberapa narasumber yang mungkin berkompeten dalam hal pengujian materi tersebut , tapi tidak bagi saya . ( Apa ini menunjukkan bahwa saya berpikir Negatif ? ) .

Dan ada juga yang mengatakan , misalnya Wikipedia dengan definisi Teori Kritisnya yang mengatakan bahwa Teori kritis adalah Teoritas yang bersumber pada pemikiran logis . Dan itu menurut saya memang benar .

Disini saya bukan orang yang ingin mengajari anda bagaimana menjadi seorang yang kritis dalam berpikir karena pikiran orang tidak bisa dipaksa kecuali dengan Doktrin yang kontinyu .
Disini saya hanya ingin mengajak kita semua untuk bisa lebih berfikir Simple ( sederhana ) yang nantinya akan mengubah semua hal menjadi sederhana karena diambil dari perspektif yang sederhana ( Simple Perspective ) .

Dan yang harus dilakukan untuk menerapkan pola pikir ini adalah Berpikir Kritis ( Critical Thinking ) .
Oke , bolehlah disini dikatakan Berfikir Kritis sama dengan Berpikir Negatif , karena mungkin memang ada unsur kearah situ .
Ya , bagaiamana orang bisa berfikir kritis adalah dengan cara menelusuri Detaild ari setiap hal yang dilihatnya .

Bagaimana Menjadi Kritis ?


Pola yang saya terapkan selama ini dalam berfikir adalah menyangkut hukum sebab akibat yang terkait dalam semua hal sekecil apapun itu . Bagaimana sesuatu terjadi adalah karena ada sesuatu yang menjadikan atau mengarak kepada kejadian . Dan kalau kita bisa menguasai Sebab , maka Akibat bisa kita dapatkan jauh sebelum hal itu terjadi .

Untuk memulai menerapkan Pola pikir yang begitu Dahsyat ini langkah penting yang harus kita kuasai adalah Sikap .

Sikap


Tidak jarang orang yang mungkin mencoba untuk Kritis terhadap sesuatu justru malah cenderung menjadi Skeptis , dan ini sangat merugikan si pemikir tersebut . Bagaimana tidak , tidak ada orang yang menyukai orang orang skeptis . Dan jika anda seorang yang skeptis , maka ada baiknya anda belajar bersikap .

Berpikir Kritis tidak harus menjadi Skeptis meskipun dampak buruknya terkait sekali dengan itu . Menjadi Kritis bisa dengan mengambil sikap tenang dan kalem , namun tidak terpancing .

Yang saya lakukan selama ini adalah membiarkan diri saya ikut masuk kedalah hal tersebut agar saya bisa melihat jauh lebih dalam dan memegangnya , kemudian mengambilnya untuk dipelajari . Dan itu memang membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan sikap Skeptis yang terang terangan menolak Ide gagasan dari luar .

Tapi keuntungan dari pola yang saya lakukan adalah kita bisa tahu sumber dari apa yang terjadi dan dampak yang terjadi berikutnya dan opsi apa saja yang bisa kita matikan dan hidupkan .

Free


Berpikir kritis tentu dengan tetap memegang Prinsip materi yang benar . Tapi tidak berkutat dalam satu materi dan teori karena kita bisa mengembangkan teori tersebut secara Universal dan menyatukannya lagi menjadi satu kesatuan yang utuh dalam harmonisasi keseimbangan stabil . Dan itu menjaddi kekuatan yang sangat besar karena kita punya basic teori yang kompleks dari sudut mana saja .

Selama ini yang saya pelajari selama hidup saya , saya banyak sekali menemukan teori yang tumpang tindih yang padahal seharusnya hal itu terpadu satu sama lain . Dan sayangnya teori teori tersebut dibenarkan oleh publik tanpa pernah mencocokkan satu teori dengan lainnya dalam konteks yang sama .
Dan jika kita sudah memegang teori kompleks yang kita punya untuk mengkaji lebih dalam Informasi dari luar , yang kita butuhkan sekarang adalah Nada .

Nada


Ini masih erat sekali kaitannya dengan sikap yang saya sebutkan diatas . Bagaimana membuat nada yang stabil dan tidak naik saat bicara atau saat menulis . Dan ini sangat berkaitan dengan Emosi . orang kritis tidak bisa mengumbar emosinya secara berlebihan dan itu akan terbentuk dengan sendirinya . jadi jika anda masih belum bisa mengendalikan Emosi anda , berarti anda bukan orang yang kritis ,melainkan Tempramental dengan selalu mengedepankan Antusiasme .

Seorang yang banyak berfikir tidak akan pernah antusias pada hal apapun kecuali ia sudah benar benar klik dengan apa yang diminatinya . Dan itu juga tidak begitu menampakkan antusiasme .

Keuntungan Berpikir Kritis
Jika kita bicarakan keuntungan maka kita akan menemukan alasan paling logis dan masuk akal bagi akal semua orang , yakni keuntungan dari berpikir kritis adalah kita tidak mudah untuk ditipu dan mudah terombang ambing .

Berpikir kritis akan melatih sikap kita pada pendirrian yang teguh dan stabil ( Seimbang ) . Bukankah hidup memang seharusnya seimbang ?

Dan berpikir kritis itu memiliki kekuatan yang sangat besar terhadap kehidupan dan lingkungan , dan hal itu akan saya bahas di materi kita selanjutnya dalam bahsan Berpikir / Pikiran Kritis .