Misteri Hilangnya 11 hari di Bulan September

Kemana Hilangnya 11 Hari Pada September 1752 ? - Ada hal yang aneh dengan kalender masehi yang ada di bumi Inggris dan juga Amerika yang mengatakan bahwa mereka kehilangan 11 hari di bulan september 1752 . Loh kok bisa ???
Ya jika anda ingin melihatnya maka silahkan set komputer anda ke tahun 1752 dan lihatlah bulan september di tahun tersebut . Dan jika ingin lebih gampang mala langsung saka anda meluncur kesini http://www.timeanddate.com/calendar/?year=1752&country=1 , dan langsung lihat ke bulan september . Disana tertera dari tanggal 2 langsung melompat ke tanggal 14 .

Mungkin anda bingung dan kaget dan menganggap bahwa ini adalah hal mistis dan mengerikan . Dan awalnya saya juga sempat kaget dan bahkan merinding ngeri . Tapi disini kita akan membahasnya secara faktual dan ilmiah agar keanehan tersebut tidak lagi menjadi keanehan yang luar biasa .

Kemana Hilangnya 11 hari di Bulan September 1752 ? Semua berawal dari pergantian penanggalan Julius ke Gregorian . Sebenarnya kalender Gregorian ini sudah lama diperkenalkan dan dipakai di benua eropa yaitu sejak tahun 1582 namun di Inggris baru dipergunakan pada tahun 1752, mereka baru menyadari bahwa sebenarnya mereka menggunakan kalender cacat .

Kalender Julian yang dulu mereka pergunakan menentukan satu tahun itu persis berjumlah 365 hari 6 jam, padahal sebenarnya bumi mengelilingi matahari kurang dari waktu tersebut, sehingga 365 hari dan 6 jam yang ditetapkan tersebut kelebihan waktu 11 menit 10 detik. Artinya setiap tahun mereka kebihan waktu 11 menit 10 detik dan akan menjadi 24 jam (1 hari) setiap 131 tahun, menjadi 3 hari setiap 400 tahun, dan pada tahun 1582 jumlah kelebihannya mencapai 10 hari.
Untuk menghindari kesalahan yang lebih fatal maka pada tanggal 5 Oktober tahun 1582, diadakan perubahan penanggalan dari Julian ke Gregorian dan melompat sepuluh hari sehingga besoknya langsung menjadi tanggal 15 Oktober. Inggris yang belum menggunakan kalender Gregorian Tahun 1752 kebingungan karena perbedaan telah tumbuh menjadi 11 hari , dan Inggris pun akhirnya merubah penanggalan mereka menjadi kalender Gregorian dan kemudian kelebihan 11 hari tersebut dihilangkan untuk menyesuaikan dengan waktu yang sebenarnya, dan kejadian itu terjadi tanggal 2 September 1752 besoknya langsung tanggal 14 September 1752.


Dan sekarang kita tahu Misteri Kemana Hilangnya 11 Hari Di Bulan September 1752 yang sempat menghebohkan jagat internet beberapa waktu lalu .
Hal itu ternyata tidak hanya terjadi di Inggris , melainkan di berbagai negara lain juga pernah mengalami hal serupa di tahun yang berbeda . Mungkin karena Informasi kala itu tidak secepat jaman sekarang ini , jadi butuh waktu yang lama untuk bisa menerima Informasi yang ada dari negara lain untuk melakukan perubahan penanggalan . Dan di Indonesia sendiri peristiwa aneh itu tidak pernah terjadi dan saya pikir saat itu Indonesia memang belum ada :D . Silahkan cek pada situs diatas untuk melihatnya .

Ya , semua hal di dunia ini ada sebab dan akibatnya dan bisa dijelaskan secara ilmiah jika memang ingin mengerti seperti apa fakta yang terjadi . Dan semoga artikel ini menambah pengetahuan anda .

referensi : dari berbagai sumber dan editing