Fakta Terbaru Planet Mars

Fakta Terbaru Planet Mars - Setahun lamanya meneliti planet Mars , pesawat Antariksa Curiosity menemukan banyak asekali bukit mengejutkan dan juga merupakan fakta baru dari Planet misterius ini . Fakta fakta terbaru planet Mars ini beragam , mulaidari bukti adanya air di Mars hingga penelitian yang mengungkap kemiripan kondisi Mars dengan Bumi .

Pertanyaan yang muncul adalah , benarkah bahwa Planet Mars adalah Planet yang telah mengalami Kiamat ?

Namun kali ini kita tidak akan membahas kesimpulan jawaban dari pertanyaan itu , melainkan mencoba mengungkap bukti dan fakta terbaru dari Planet Mars .

Pemandangan Mars Mirip Bumi
Di awal pendaratan Pesawat di Mars , team mengambil beberapa foto keadaan di Mars . Dan yang mengejutkan adalah kemiripannya dengan tanah Gurun di Bumi . Sehingga banyak yang berpendapat bahwa pendaratan di Mars adalah Palsu .

Pihak NASA juga sempat mempublikasikan foto jepretan itu melalui Akun Twitter resmi badan penerbangan Antarksa Curiosity . Foto hasil jepretan pertama dan malam hari .

Batu Jake Mirip Batu Di Bumi
Setelah beberapa minggu berada di Mars, Curiosity mulai menganalisis batu Jake. Hasil analisis mengungkap bahwa batu Jake memiliki kemiripan dengan batu di Bumi, terbentuk lewat peristiwa vulkanik serta memiliki mineral yang juga dimiliki batu di Bumi.
Tanah Mars Sama dengan Tanah di Hawaii
Pada November 2012, Curiosity telah sampai di wilayah Mars yang disebut Rocknest. Di wilayah itu, Curiosity menganalisis tanah Mars. Diketahui kemudian, tanah Mars memiliki komposisi mineral mirip dengan tanah di Hawaii.

Mineral Mars
Analisis pada batu "John Klein" mengungkap bahwa Mars memiliki mineral yang terbentuk dengan keberadaan air. Batu tersebut mengandung mineral tanah liat dan sulfat. Diduga, Mars juga pernah punya sumber air minum.

Riset lain yang dilakukan oleh wahana antariksa Opportunity juga mengungkap bahwa Mars punya air yang bisa diminum. Opportunity dalam observasi di Kawah Endeavour menemukan adanya tanda bahwa Mars punya air dengan pH netral.

Atmosfer Planet Mars
Curiosity mengungkap bahwa dahulu Mars pernah memiliki atmosfer tebal. Namun, karena tak mampu mempertahankan gasnya dari radiasi Matahari, atmosfer planet merah itu perlahan menipis. Hal ini kemudian berpengaruh pada kemampuan Mars mendukung kehidupan.

Sisi Bahaya Mars
Mars memang terkonfirmasi punya air. Namun, Mars juga punya senyawa beracun seperti sulfat yang bila terhirup akan sangat berbahaya, serta perklorat. Belum lagi, radiasi Matahari di Mars yang sangat berisiko bagi manusia.

Fenomena Astronomi
Di samping mengungkap fakta baru, Curiosity juga mengungkap fenomena astronomi menarik di Mars. Misalnya, Curiosity menangkap citra gerhana yang muncul karena Phobos menghalangi Matahari serta terbitnya bulan tersebut.

Dan itulah sedikit Informasi mengenai Fakta Terbaru Planet Mars yang masih akan terus mengalami perkembangan kedepannya . Meneliti ruang angkasa yang tak terbatas memang selalu menjadi hal menarik yang bisa kita pelajari karena selalu ada sesuatu yang kadang tidak pernah terduga sebelumnya .