Bintang Di Langit Tinggal Sedikit , Apa Penyebabnya ?

Bintang Di Langit Tinggal Seidkit , Apa Penyebabnya ? - Barusan saya berkeliling melihat lihat artikel sambil mencari bahan untuk memposting Fakta fakta terbaru yang ada di dunia yang pastinya akan menambah wawasan kita . Dan tidak sengaja ada salah satu artikel yang menyebutkan bahwa Jumlah Bintang di langit berkurang . Loh , benarkah ???

Bahkan saya tidak pernah menghitung bintang dilangit yang memang begitu banyak . Dan saya sendiri tidak bisa memastikan berapa jumlah bulat dari banyaknya bintang di langit itu , apa ribuan , jutaan atau bahkan milyaran , Ya saya sebagai makhluk bumi hanya bisa menikmati keindahan sinar bintang tanpa mau repot repot untuk menghitungnya apalagi menelitinya . Karena saya bukan astronom .

Tapi benarkah jumlah bintang dilangit berkurang dan hanya tinggal sedikit ? Kita akan bahas dibawah ini secara rinci dan apa saja penyebabnya . Namun sebelum itu sebaiknya kita bahas dulu apa itu bintang dan bagaimana Bintang itu bekerja , sekedar mengingatkan anda ke masa pelajaran SD dulu ddengan tambahan ilmu sedikit yang lebih modern dan faktual tentunya .

Dulu kita hanya diberi tahu bahwa Perbedaan bintang dan bulan adalah bahwa bintang mengeluarkan sinarnya sendiri sementara bulan dan planet hanya memantulkan cahaya . Namun kali ini kita akan beri fakta mengenai bintang yang lebih kompleks lagi .

Tahukah anda bahwa bintang adalah matahari ?
Ya , bintang adalah matahari yang letaknya terlampau jauh dari planet tempat tinggal kita . Kenapa bisa disebut matahari padahal ukuran mereka kecil ? Karena bintang mengeluarkan cahanya sendiri layaknya matahari yang bisa memproduksi cahaya sendiri .

Kenapa bintang kecil ?
Kembali lagi ke soal yang sedikit saya singgung diatas bahwa bintang terletak sangat jauh dari galaksi Bima sakti yang merupakan galaksi kita . Dan fakta lainnya adalah bahwa cahaya bintan yang sekarang kita lihat adalah cahaya yang sudah lama dihasilkan oleh bintang tersebut ( masa lampau ) .

Bisa jadi cahaya bintang yang kita lihat adalah cahaya bintang seribu tahun lalu , lagi lagi karena jarak yang teramat jauh sehingga baru nyampai ke Bumi . Sekarang anda bisa melihat bintang mengeluarkan cahaya yang cantik dan begitu terang , namun sebenarnya bintang tersebut ternyata sudah padam . Karena menurut penelitian ternyata bintang juga bisa kehabisan bahan bakar dan akhirnya padam , sementara sinarnya yang dihasilkanmasih merambat menuju galaksi yang lain .

Kembali ke Topik Berkurangnya jumlah bintang

Ada dua alasan yang kita punya mengapa Bintang semakin berkurang .

Alasan pertama : Bintang Kehabisan Bahan Bakar
Hal ini dikarenakan alam semesta menghasilkan bintang lebih sedikit akibat galaksi mulai kehabisan gas. Demikian penelitian oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO).

Robert Braun dari  CSIRO meneliti beberapa galaksi jauh dan membandingkannya dengan galaksi-galaksi terdekat. Peneliti menemukan galaksi saat masa pembentukan dulu memiliki molekul hidrogen lebih banyak dibandingkan dengan galaksi masa kini. Karena bintang terbentuk dari hidrogen, jika semakin sedikit hidrogen yang ada, maka semakin sedikit bintang yang terbentuk. Penelitian ini memberikan kita informasi mengapa alam semesta mulai redup dan kehilangan cahayanya.

Masalah utamanya adalah bagaimana galaksi dapat mendapat gas dari luar. "Gas masuk ke galaksi melalui ruang antargalaksi. dua pertiganya masih ditemukan di ruang tersebut, hanya sepertiga yang membentuk galaksi," ungkap astronom. Dua per tiga gas yang ada di ruang antargalaksi menciptakan planet, planet kerdil, dan bintang neutron.

Tersendatnya gas di dalam ruang antargalaksi tercipta saat Energi Gelap (Dark Energy) mulai menjajah alam semesta. "Kecepatan Energi Gelap itu akan membuat galaksi semakin sulit menciptakan bintang," papar Braun. "Jadi, molekul gas yang digunakan mengalami penurunan yang cukup cepat. Selama interval waktu yang kami pelajari, penurunan itu semakin cepat," tambahnya. (Sumber: Physorg/nationalgeographic)

Alasan Kedua : Cahaya lampu
Semakin terang cahaya di sekeliling kita maka akan semakin sedikit bintang yang bisa kita lihat . Untuk membuktikannya silahkan anda pergi ketempat yang gelap dan lihatlah ke langit . Mungkin butuh waktu beberapa menit untuk mata anda beradaptasi ke tempat yang lebih gelap .

Silahkan coba berbaring atau duduk di kawasan yang minim cahaya dan lihatlah ke langit ( Cerah ) maka anda akan menemui bintang yang begitu banyak bertaburan dan anda akan terpesona dengan keindahan bintang dalam kegelapan . Anda akan menemui kembali sungai langit dan bintang bintang yang bergerak tidak beraturan .

Jadi Alasan mengapa bintang berkurang belakangan ini sudah terjawab dengan alasan diatas . Materi ini saya ambil dari blog tetangga yang membahas kasus serupa dan menurut saya begitu inspiratif .

Anda bisa menemukan kasus serupa di http://anonymouspalsu.blogspot.com/2013/09/sekarang-bintang-di-langit-terlihat.html